Minggu, 21 Maret 2010

INOVASI DI PERPUSTAKAAN SDN 2 ISIMU SELATAN KABUPATEN GORONTALO

Perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dalam memajukan pendidikan suatu sekolah, namun saat ini sulit mengajak siswa untuk berkunjung keperpustakaan, perpustakaan bukanlah tempat farorite bagi siswa. Perpustakaan sekolah- pada banyak sekolah- kehilangan daya tarik siswa lebih tertarik nonton sinetron “Ipin dan Upin” atau main plystation bahkan dikampung saya plystation sudah banyak direntalkan. Sehingga perpustakaan sekolah kehilangan daya tarik hal inilah yang mengusik saya untuk berinovasi mengembangkaan perpustakaan sekolah dengan trik-trik sebagai berikut:

1. Perpustakaan kami lengkapi dengan koleksi buku-buku bergambar untuk kelas rendah.

2. Setiap pagi pada waktu apel pagi siswa diberikan kesempatan untuk bercerita tentang isi buku yang mereka baca, kepada siswa yang bercerita terbaik akan deberi hadiah.

3. Perpustakaan sekolah kami lengkapi dengan Komputer PC Ncomputing multiuser, yang dapat digunakah oleh 6 orang siswa. Komputer ini kami lengkapi dengan software edugame (permainan yang mengandung pendidikan) seperti bebybola, akal, CD pembelajaran interaktif, cd tutorial, e-learning, bank-bank soal produk invir dan masih banyak lagi.

4. Oh ya, untuk mengunakan komputer siswa diwajibkan membaca buku koleksi perpustakaan terlebih dahulu.

5. Kamipun menyediakan ruang yang digunakan untuk belajar kelompok yang dilengkapi dengan proyektor (LCD) dan laptop siswa dapat belajar bersama secara madiri maupun dibawah bimbingan guru . Yang menarik disini adalah siswa laksana berada dalam dibioskop, tentunya cd yang kami gunakan adalah CD pembelajaran produksi Pustekkom dan CD pembelajaran lainya

6. Layanan sirkulasi bahan pustaka sudah menggunakan sistim komputerais.

7. Menyediakan boneka tangan untuk peraga cerita dongeng

8. Pengecatan ruang interior berwarna-warni seperti tempat permainan di mall.

Dengan upaya ini perpustakaan kami tidak sepi terutama pada waktu sore dan siswa kami berprestasi dalam lomba bercerita walau baru juaral III tingkat Prov. Gorontalo.

3 komentar:

Bandung Virtual Assistant mengatakan...

siapa
yg mbutuhkan proposal pelatihan
software perpustakaan?

Andi Asep Ridho mengatakan...

Bagus dan inovatif teruskan langkahnya.....terus dorong mereka agar dapat maju dan sukses..kunjungi aku di http://kidsschoolnews.blogspot.com atau http://kidsschoolbekasi.blogspot.com klo mau yg gratis dateng aja ke http://gratisdongbos.blogspot.com....OK terima kasih boleh mampir

Unknown mengatakan...

Ternyata upaya ini sejalan dengan gerakan literasi sekolah.